Rabu, 17 Oktober 2012

Kasus Simulasi Yang Menyebabkan Kecelakaan

           Dalam tulisan kali ini, saya akan melanjutkan tugas softskill yang kedua yaitu mencari kasus simulasi yang dapat menyebabkan kecelakaan/kegagalan. Dalam melakukan simulasi adakala nya simulasi yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar, oleh sebab itu disini saya akan membahas tentang kecelakaan simulasi. Disini saya mengambil contoh kecelakaan simulasi kapal selam di situbondo yang menyebabkan tewasnya dua prajurit. 
          Simulasi ini memang sudah diagendakan. Para prajurit pun sebelumnya sudah melalui persiapan yang lumayan panjang, menurut Kadispen Armatim Letkol Yayan Sugiana. Kabar yang ada pun menyebutkan bahwa sebenarnya di luar negeri pun belum tentu berani mengadakan simulasi penyelamatan kapal selam semacam ini. Latihan pun sudah diadakan berkali kali termasuk ke dalam keterampilan selam yaitu diving di dalam tangki selam milik Dislambair. Namun tetap saja kecelakaan tidak bisa dielakkan,gangguan pun terjadi pada simulasi penyelamatan Kapal Selam KRI Cakra 401 dan akhirnya menyebabkan tewasnya Mayor Laut(T) Eko Idang Prabowo dan Kolonel Laut(p) Jeffri. 
          Simulasi yang digelar pada Sabtu pagi hingga siang ini melibatkan banyak kru. Selain 1 unit Kapal Selam KRI Cakra 401, juga ada tiga unit kapal atas air, 2 tim Satuan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair), 1 unit Kapal Ponton Lumba-Lumba, 1 tim Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska), 2 tim kesehatan dari Lakesla dan RSAL dr Ramelan Surabaya serta Pesawat Cassa dan 1 unit Helikopter BO-105. 
Inti dari kasus yang terjadi pada simulasi diatas adalah adanya gangguan bukan terpaku dengan rusaknya alat, namun kurangnya ketelitian pada penanganan simulasi dan persiapan juga dapat menjadi faktor dalanm kegagalan simulasi.
Mungkin cukup sekian sedikit penalaran dan penjelasan saya tentang salah satu kasus kecelakaan pada simulasi. Semoga bermanfaat! :))  

sumber : http://surabaya.detik.com/read/2012/07/08/141403/1960395/475/armatim-simulasi-kapal-selam-di-situbondo-lewati-persiapan-panjang 

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

our Friendship \(^.^)/

our Friendship \(^.^)/

About

mouse

Blogger templates

ANNISA ANGGI ISMANDIA, I'AM STUDENT AT GUNADARMA UNIVERSITY FACULTY OF TEHNICS