Kali ini saya akan merangkum dari tugas 1, tugas 2, sampai tugas 3 untuk
melengkapi tugas softskill yang diberikan. Dimulai dari tugas yang pertama.
TUGAS bulan Oktober
Tugas bulan pertama
berisi tentang pentingnya simulasi bagi seorang IT dan adanya Simulasi yang menyebabkan kecelakaan. Menurut saya seorang IT tidak
harus melakukan simulasi dalam setiap software atau aplikasi yang dibuat .
Simulasi modeling dilakukan ketika kita mengetahui bahwa proses atau efek nya
dapat membuat kerugian atau membahayakan nyawa orang lain. Ketika kita membuat
aplikasi ringan dan mudah kita tidak perlu melakukan simulasi karena kita akan
tau tentang efek yang terjadi ketika kita menjalankannya. Dalam melakukan simulasi adakala nya simulasi
yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar, oleh sebab itu disini saya akan
membahas tentang kecelakaan simulasi. Disini saya mengambil contoh kecelakaan
simulasi kapal selam di situbondo yang menyebabkan tewasnya dua prajurit.
Dalam melakukan simulasi kita harus
tau beberapa karakteristik dari simulasi sendiri agar simulasi dapat dikatakan
sebagai alat perencanaan dan pengambilan keputusan yang tangguh. Berikut ini
merupakan beberapa karakteristik dari simulasi:
· Mencakup
saling ketergantungan sistem (system interdependencies)
· Memperhitungkan
variabilitas atau suatu ukuran yang mengukur
sebaran data dalam sistem simulasi
· Sanggup membuat
model untuk sistem apapun
· Memperlihatkan perilaku sistem setiap saat
· Lebih murah, tidak menghabiskan waktu dan tidak mengganggu sistem nyata
· Menarik perhatian (secara visual)
· Menyediakan hasil yang mudah dimengerti dan
dikomunikasikan
· Mencakup waktu yang nyata, dimampatkan, atau bahkan
waktu yang tertunda
· Memberikan rancangan yang rinci.
TUGAS bulan November
Pada bulan ini kita membahas tentang pengaruh kebudayaan terhadap grafik, yaitu Budaya atau kebudayaan itu
artinya hal-hak yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Biasanya kebudayaan
juga menjadi salah satu adat atau ciri khas dari suatu hal. Kebudayaan sendiri sangat
erat hubungannya dengan masyarakat. perwujudan kebudayaan adalah
benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa
perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku,
bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang
kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan
bermasyarakat.Sedangkan grafik sendiri berartikan persembahan visual
yang ditunjukkan pada permukaan seperti dinding, kanvas, skrin komputer,
kertas, papan untuk tujuan tertentu, pemberitahuan, ilustrasi atau hiburan. Kesimpulan yang saya ambil disini adalah berkembangnya
grafik dapat terpengaruh oleh kebudayaan. Namun sebaliknya, kebudayaan pun
dapat berkembang sesuai grafik nya. Makin maju nya teknologi yang ada maka,
semakin saling terpengaruh.
Selanjutnya membahas tentang perkembangan model simulasi, yaitu Terdapat
masalah-masalah klasik yang ada diwilayah ini antara lain keterbatasan kualitas
SDM, Sumberdaya keuangan, terbatasnya infra struktur/sarana dan prasarana,
ketertinggalan teknologi. Keinginan kuat Pemda Konawea Selatan Dinas Kelautan
untuk meningkatkan ketertinggalan tersebut dilakukan dengan pembuataan Model
Pengembangan Industri Kelautan di Kabupaten Konawea Selatan. Model tersebut
dibuat dengan menggunakan pendekatan Sistem Dinamik,dimulai dari pembuatan
model mental yang merupakan Maping dari sistem nyata industri kelautan yang
kemudian dipecah menjadi 4 sub sistem model sdm, sub sistem model penangkapan ikan,
sub sistem model pasar dan sub sistem model konsumsi. Dari model mental yang
disebut CLD kemudian dilanjutkan mmbuat model komputer dan melakukan validasi
dengan uji konsistensi.
Dan tugas yang terakhir membahas visual teknologi menggunakan media online,
Dalam visual teknologi menggunakan
media online terdapat beberapa kelebihan & kekurangan :
Kelebihan :
- Dapat secara mudah melakukan pencarian karena terhubung langsung dengan internet yang akan memberikan info sebanyak banyaknya
- Tidak harus menggunakan software tertentu dalam melakukan visual teknologi nya, cukup terhubung dengan internet
- Biaya yang digunakan akan terasa lebih ringan karena tidak membutuhkan budget khusus
kekurangan nya:
Pada tugas ini kita diminta untuk membedakan antara HTML 4 dan HTML 5.
HTML 5 memperkenalkan elemen baru ke HTML untuk pertama kalinya sejak tahun 1990-an. Unsur struktural baru termasuk aside, figure, dan section. Elemen inline baru seperti waktu, meter, dan progress.Termasuk Elemen Embedding baru seperti video dan audio. Elemen interaktif baru mencakup details, datagrid, dan command.
Dalam HTML5 banyak kelebihan nya dibanding dengan versi HTML yang sebelum nya. Terdapat juga fitur fitus canggih pada HTML5.
- Diharuskan terhubung dengan koneksi internet, jika tidak ada koneksi maka tidak akan bisa kita melakukan visual teknologi secara mudah
- Memerlukan waktu untuk mengumpulkan semua data data, misal : buffering atau streaming video
Pada tugas ini kita diminta untuk membedakan antara HTML 4 dan HTML 5.
HTML 5 memperkenalkan elemen baru ke HTML untuk pertama kalinya sejak tahun 1990-an. Unsur struktural baru termasuk aside, figure, dan section. Elemen inline baru seperti waktu, meter, dan progress.Termasuk Elemen Embedding baru seperti video dan audio. Elemen interaktif baru mencakup details, datagrid, dan command.
HTML 5 mendefinisikan kelima revisi besar bahasa inti dari World Wide
Web – HTML – dari W3C (World Wide Web Consortium). Juga disebut
Aplikasi Web 1.0 – masih ada tidak ada ruang nama atau skema. Unsur
tidak harus ditutup
Selanjutnya tentang fitur fitur HTML 4 dan HTML 5. Dalam HTML5 banyak kelebihan nya dibanding dengan versi HTML yang sebelum nya. Terdapat juga fitur fitus canggih pada HTML5.
Dengan HTML5, pengembangan
aplikasi web adalah
lebih mudah dibandingkan
sebelumnya.
·
Penyimpanan data Lokal
·
File akses lokal
·
Lokal SQL database
·
Cache aplikasi
·
Javascript karyawan
Fitur fitur terbaru dalam HTML5 adalah :
·
Elemen <canvas> untuk lukisan
·
Unsur-unsur yang
<video> dan <audio> untuk media
pemutaran
·
Dukungan untuk penyimpanan
lokal
·
Terdapat konten baru yang khusus elemen, seperti <article>,
<footer>, <header>, <nav>, <section>
·
Banyak bentuk kontrol terbaru, seperti kalender, tanggal, waktu,
email, url, search
.
sekian Rangkuman dari Tugas Softskill yang sudah saya kerjakan. semoga bermanfaat :)
0 komentar:
Posting Komentar