TUGAS
SOFTSKILL 3
Nama
Anggota Kelompok :
-
Annisa Anggi
Ismandia (50410908)
-
Dirgan Traviata
Masjaya (52410096)
-
Mochamad Triwindu (54410833)
Kelas
: 3IA13
1. Interaksi adalah
suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau
memiliki efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep
interaksi, sebagai lawan dari hubungan satu arah pada sebab akibat. Kombinasi dari interaksi-interaksi sederhana dapat menuntun
pada suatu fenomena baru yang mengejutkan. Dalam berbagai bidangilmu, interaksi memiliki makna yang berbeda.
Hiburan adalah segala sesuatu
– baik yang berbentuk kata-kata, tempat, benda, perilaku – yang dapat menjadi
penghibur atau pelipur hati yang susah atau sedih.
Pada umumnya hiburan dapat berupa musik, film, opera, drama, ataupun berupa permainan bahkan olahraga.
Berwisata juga dapat dikatakan sebagai upaya hiburan dengan menjelajahi alam
ataupun mempelajari budaya. Mengisi kegiatan di waktu senggang seperti membuat
kerajinan, keterampilan, membaca juga dapat dikatagorikan sebagai hiburan
Bagi orang tertentu yang memiliki
sifat workaholic, bekerja
adalah hiburan dibandingkan dengan berdiam diri.
Selain itu terdapat tempat-tempat
hiburan atau klab malam (night club)
sebagai tempat-tempat untuk melepas lelah, umumnya berupa rumah makan atau
restoran yang dilengkapi hotel serta sarana hiburan seperti musik, karaoke,
opera. Ada pula yang menyediakan permainan seperti bilyar hingga sarana perjudian. Bagi kalangan
tertentu, permainan judi (gambling)
dianggap sebagai hiburan atau sarana membuang sial. Selain itu, di beberapa negara
ada juga klab-klab malam yang diperuntukkan untuk pertemuan keluarga yang
tentunya berbeda dengan klab klab malam pada umumnya.
Hiburan sering memberikan kesenangan,
kenikmatan, dan tawa. Pada waktu atau konteks tertentu, ada juga tujuan
tambahan yang serius. Misalnya, berbagai bentuk perayaan, festival religius, atau satire.
Jadi Interactive Entertainment adalah
suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi
atau memiliki efek satu sama lain yang dapat berbentuk kata – kata, tempat
,benda, perilaku yang dapat menghibur hati yang susah atau sedih
Konsep Interactive Entertainment
memiliki Ide efek dua arah ini penting dalam
konsep interaksi, sebagai lawan dan dapat menghibur hati yang sedah susah atau
sedih.
Interactive
Programs adalah Pemrograman interaktif adalah prosedur penulisan bagian dari
sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai
antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif,
di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan digunakan
sesudahnya (biasanya dengan apa yang disebut "user", dalam perbedaan
dengan "pengembang" ). Akibatnya, di sini, aktivitas menulis sebuah
program menjadi bagian dari program itu sendiri.
Dengan
demikian bentuk contoh spesifik komputasi interaktif sebagai kebalikan ekstrim
untuk batch processing, dimana tidak menulis program atau penggunaannya terjadi
dengan cara yang interaktif. Prinsip umpan balik yang cepat dalam Extreme
Programming yang radikal dan menjadi lebih eksplisit.
Sinonim: coding hidup,
on-the-fly-pemrograman, hanya dalam waktu pemrograman, pemrograman percakapan
2.
Peran user dan program agar terbentuk
komunikasi ynag mudah dipahami user yaitu membuat program yang dapat dipakai
oleh user userfriendly jadi semua
user dapar menggunakan program tersebut.
3. Apa fungsi dari GUI?
fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi
saat ini sangat beragam.Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia
Iptek khususnya komputer :
1.
Pointing device
dengan perangkat berupa mouse
2.
Memiliki fungsi
sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan
uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
3.
Membuat
software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat
digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet.
sound, graphic dan lain-lain
4.
Untuk digunakan dalam
pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
5.
Pembuatan website
6.
Opensource software/hardware
atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
4. Sebutkan,
jelaskan dan berikan gambar dari komponen-komponen GUI!
GUI memiliki banyak
komponen seperti: button, radio button, check
button, combo box, menu, tabbed
panel, tree, dan sebagainya. Komponen-komponen ini
sering disebut juga sebagai widget#. Sekarang mari kita lihat komponen-komponen
tersebut berikut fungsinya :
No
|
Nama widget
|
Tampilan
|
Fungsi
|
1 | Button | Menjalankan suatu aksi. Karena itu teks pada button biasanya berisi kata perintah (kata kerja) seperti “Enter”, “Exit”, “Reset”, dsb | |
2 | Radio Button | * | Memilih hanya satu pilihan diantara 2 atau lebih pilihan. Jumlah pilihan pada radio button umumnya 3 atau 4 pilihan saja. Jika jumlah pilihan lebih dari 4 maka combo box merupakan widget yang lebih tepat digunakan. |
3 | Check Button | * | Memilih satu atau lebih diantara banyak pilihan (terdiri dari 2 atau lebih pilihan). Pemanfaatan check button memungkinkan untuk memilih semua pilihan. |
4 | Combo Box | * | Memilih salah satu diantara beberapa pilihan di mana jumlah pilihan cukup banyak sehingga tidak efisien bila diberikan dalam bentuk radio button. |
5 | Menu | Isi dari suatu aplikasi bisa ditampilkan dengan bantuan ikon, namun adakalanya isi terlalu banyak sehingga lebih efisien bila ditampilkan dengan bantuan menu. Umumnya letak menu ada pada bagian kiri atas dari suatu tampilan. | |
6 | Toolbar | | Toolbar sebenarnya berfungsi sebagai pelengkap dari menu. Isi dari suatu menu mungkin saja banyak akan tetapi tidak semuanya diperlukan setiap saat oleh pengguna. Untuk memudahkan pengguna mengakses menu-menu yang sering digunakan maka disediakan suatu toolbar yang umumnya memiliki suatu simbol yang melambangkan fungsi dari menu yang diwakilinya. Simbol ini sering kali disebut sebagai metafor. |
7 | Tabbed Panel | * | Adakalanya suatu menu memiliki sub-submenu yang saling berkaitan. Salah satu cara yang baik untuk menampilkan sub-submenu tersebut adalah dengan bantuan suatu tabbed panel. Disebut tabbed panel karena untuk mengaksesnya dapat digunakan tombol TAB |
8 | Tree | * | Mungkin saja isi suatu aplikasi sangat banyak sehingga tak dapat ditampilkan oleh menu dengan efisien. Cara menampilkan isi semacam ini adalah dengan bantuan tree. Ensiklopedia adalah salah satu program yang banyak memanfaatkan tree. |
5. Event merupakan suatu kejadian yang
muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi disebut dengan
event.
Tanpa adanya event, GUI tidak dapat berjalan. Sebutkan macam-macam event untuk komponen" GUI (minimal 5)
Terdapat beberapa macam event
pada GUI
(Graphical User Interface), antara lain :
·
Event
Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa
komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.
·
Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana
program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event
source dan event listener / Handler.
·
Event
Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event,
mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user,
melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
·
Event
Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event yaitu ketika user berinteraksi
dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung
semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event
yang muncul, asal dari event tersebut.Direpresentasikan oleh class Event.
·
Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses
selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol
simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol
Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada
blok Event Handler.
6. Jelaskan mengenai evet dari standard programming dengan interactive programming.
mengenai evet dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan dimana
pada interactive programming,dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma,program
dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program, berbeda dengan
standard programming.
TABEL
KINERJA
NPM
|
NAMA
|
Kinerja
|
50410908
|
Annisa Anggi Ismandia
|
Mengerjakan Tugas Nomer 5 dan 6, tentang Event untuk komponen GUI dan
dalam konsep Struktur Interactive Program.
|
52410096
|
Dirgan Traviata Masjaya
|
Mengerjakan Tugas Nomer 3 dan 4 , tentang interactive system dan komponen-komponen pada GUI.
|
54410833
|
Muhammad Triwindu P
|
Mengerjakan Tugas Nomer 1 dan 2, tentang Interactive Entertainment dan Interactive Programs.
|
0 komentar:
Posting Komentar