Kamis, 12 April 2012

Enkapsulasi Pada Java


Nama                            :  Annisa Anggi Ismandia       (50410908)
Rekan Kerja                  :  Meida Listyaningrum          (54410319)
Blog Rekan Kerja          :  http://meidamecil.blogspot.com/2012/04/enkapsulasi-pada-java.html
Kelas                             : 2IA13

Enkapsulasi
Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.
Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak. Begitulah konsep kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.
Berikut ini keuntungan dari prinsip enkapsulasi :
  • Bersifat independen. Suatu modul yang terenkapsulasi dengan baik akan bersifat independen dari yang lain. Sehingga dapat digunakan pada bagian manapun dari program.
  • Bersifat transparan. Jika Anda melakukan modifikasi pada suatu modul, maka perubahan tersebut akan dirasakan oleh semua bagian yang menggunakan modul tersebut.
  • Menghindari dari efek yang diluar perencanaan. Modul yang terenkapsulasi dengan baik hanya akan berinteraksi dengan bagian program melalui variable input dan output yang telah didefinisikan sebelumnya. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan bug.
Contoh Program Enkapsulasi pada Java :
Listing Program

public  class  siswa
{
private int nps=0;
public String nama;
public void isinps(int n) {
if (n>=1 && n<=10)
nps=n;
else
System.out.println("Error....!!!");
}
public static void main(String[]args) {
System.out.println("Saya siswa SMA BUDI UTOMO");
                }
}

Output


Logika Pemrograman

public class siswa
{
Class diatas mendeklarasikan sebuah class dengan nama. Jika diperhatikan keseluruhan deklarasi class ini diawali dengan { dan diakhir dengan }. Hal ini berarti bahwa semu yang berada didalam tanda tersebut merupakan bagain dari class ini.
private int
Dalam implementasi class umumnya data selalu dideklarasikan sebagai private, yaitu hanya dikenal oleh objek dari kelas tersebut. Untuk implementasi method apabila didefinisikan sebagai public berarti dapat diases oleh kelas lain, maka apabila didefinisikan sebagai private berarti method tersebut hanya dapat diases dari dalam kelas tersebut.
public String digunakan untuk mendefinisikan string yang konstant ( tidak bisa berubah ).
public void isinps Baris ini mengartikan suatu metode bernama isinps.
if (n>=1 && n<=10)
nps=n;
baris diatas mengartikan jika kita memasukan angka 1-10 untuk inputan.
System.out.println("Error....!!!"); baris ini digunakan untuk mencetak output.


Sumber : http://mahendra-f.blogspot.com/ http://7seasons.wordpress.com/tag/enkapsulasi-dalam-java/


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

our Friendship \(^.^)/

our Friendship \(^.^)/

About

mouse

Blogger templates

ANNISA ANGGI ISMANDIA, I'AM STUDENT AT GUNADARMA UNIVERSITY FACULTY OF TEHNICS