Jumat, 19 Juli 2013

TUGAS SOFTSKILL 4 PENGANTAR TEKNOLOGI GAME


TUGAS SOFTSKILL 4
Nama Anggota Kelompok :
-          Annisa Anggi Ismandia    (50410908)
-          Dirgan Traviata Masjaya   (52410096)
-          Mochamad Triwindu        (54410833)
Kelas : 3IA13


Scene 2.5 D animation 

2.5 D animation mirip dengan 2D animation , bedanya pada 2.5 D animation, latar dibuat seakan-akan dibuat tiga dimensi dengan menggunakan efek cahaya, bayangan dan sebagainya. Dan di dalam video game berguna dalam visualisasi geografis (GVIS) untuk membantu memahami representasi visual spasial-kognitif atau visualisasi 3D.
Level of Detail (LOD)
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi. Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak cepat.

Meskipun sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan.


Dalam suatu game, Terrain merupakan model yang sangat besar. Membuat setiap pointnya secara eksplisit sangatlah tidak mungkin, maka metoda untuk mengotomatiskan pembangkitan Terrain merupakan hal biasa.

  1. Terrain umumnya diimplementasikan untuk obyek – obyek yang statis. Salah satu implementasi terrain yang banyak digunakan adalah dalam pemodelan landscape. Contoh pemodelan landscape adalah pemodelan bentangan tanah, pinggiran pantai, pegunungan dan lain sebagainya. Penggunaan visualisasi terrain sebagai model landscape ini banyak didapati dalam game motor rally dan real – time strategy.
  2. Perbedaan antara traditional LOD dengan terrain LOD sebenarnya tidak terlalu signifikan, hanya tergantung pada bagaimana data itu dibagi dalam perlakuan hirarkinya. Pada terrain, terdapat pohon yang dikenal sebagai Triangle Bintrees (Binary Triangle Trees) dan Quadtrees.
  3. Pada terrain, terdapat pohon yang dikenal sebagai Triangle Bintrees (Binary Triangle Trees) dan Quadtrees.
  4. Triangle Bintrees (Binary Triangle Trees) merupakan sebuah representasi populer permukaan medan yang elevasi telah sampel pada interval jarak teratur adalah triangulasi subset dari titik sampel yang terdiri dari sumbu-blok, segitiga siku-siku isoceles. Kami menyebutnya triangulations seperti bintree triangulations. Triangulasi terdiri dari segitiga yang hanya memiliki tiga simpul pada batas mereka. 
  5. Quadtree adalah pohon struktur data dimana setiap simpul internal memiliki tepat empat anak. Quadtrees yang paling sering digunakan untuk partisi ruang dua dimensi dengan rekursif membagi menjadi empat kuadran atau wilayah. Daerah mungkin persegi atau persegi panjang, atau mungkin memiliki bentuk sewenang-wenang. Ini struktur data diangkat menjadi quadtree oleh Raphael Finkel dan JL Bentley pada tahun 1974. Sebuah partisi yang sama juga dikenal sebagai Q-pohon. Semua bentuk quadtrees berbagi beberapa fitur umum:
    1. Mereka menguraikan ruang ke sel beradaptasi.
    2. Setiap sel (atau ember) memiliki kapasitas maksimum. Ketika kapasitas maksimum tercapai, ember         split.
    3. Pohon direktori mengikuti dekomposisi spasial quadtree tersebut.
  6. Contoh gambar Quadtrees :
     Contoh gambar Triangle Bintrees (Binary Triangle Trees)
    •  3 vertices :
     


    •  4 vertices :
     

SUMBER :
http://thesis.binus.ac.id/Doc/Bab2/2012-1-00128-IF%20Bab%202.pdf 
http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Master-10525-Chapter1.pdf http://winartobm90.files.wordpress.com/2009/11/bab-7-tree_binary-tree.pdf 

http://ayufitriyanti.blogspot.com/2013/06/tugas-softskill-keempat-semester-6_27.html



TABEL KINERJA
NPM
NAMA
Kinerja
50410908
Annisa Anggi Ismandia
Mengerjakan Tugas Nomer 1 dan 2 tentang Terrain LOD dan Traditional LOD. Dan mengerjakan secara bersama sama tentang Scene 2D, dan Level Of Detail. 
52410096
Dirgan Traviata Masjaya
Mengerjakan Tugas Nomer 5 dan 6 , tentang Quadtrees dan Binaritrees. dan mengerjakan secara bersama tentang Scene 2D, dan Level Of Detail
54410833
Muhammad Triwindu P
Mengerjakan Tugas Nomer 3 dan 4, tentang Binary Triangle Trees. Dan mengerjakan secara bersama tentang Scene 2D, dan Level Of Detail.


Rabu, 03 Juli 2013

TUGAS SOFTSKILL 3 PENGANTAR TEKNOLOGI GAME

TUGAS SOFTSKILL 3
Nama Anggota Kelompok :
-          Annisa Anggi Ismandia    (50410908)
-          Dirgan Traviata Masjaya   (52410096)
-          Mochamad Triwindu        (54410833)
Kelas : 3IA13

1.   Interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari hubungan satu arah pada sebab akibat. Kombinasi dari interaksi-interaksi sederhana dapat menuntun pada suatu fenomena baru yang mengejutkan. Dalam berbagai bidangilmu, interaksi memiliki makna yang berbeda.
Hiburan adalah segala sesuatu – baik yang berbentuk kata-kata, tempat, benda, perilaku – yang dapat menjadi penghibur atau pelipur hati yang susah atau sedih.
Pada umumnya hiburan dapat berupa musik, film, opera, drama, ataupun berupa permainan bahkan olahraga. Berwisata juga dapat dikatakan sebagai upaya hiburan dengan menjelajahi alam ataupun mempelajari budaya. Mengisi kegiatan di waktu senggang seperti membuat kerajinan, keterampilan, membaca juga dapat dikatagorikan sebagai hiburan
Bagi orang tertentu yang memiliki sifat workaholic, bekerja adalah hiburan dibandingkan dengan berdiam diri.
Selain itu terdapat tempat-tempat hiburan atau klab malam (night club) sebagai tempat-tempat untuk melepas lelah, umumnya berupa rumah makan atau restoran yang dilengkapi hotel serta sarana hiburan seperti musik, karaoke, opera. Ada pula yang menyediakan permainan seperti bilyar hingga sarana perjudian. Bagi kalangan tertentu, permainan judi (gambling) dianggap sebagai hiburan atau sarana membuang sial. Selain itu, di beberapa negara ada juga klab-klab malam yang diperuntukkan untuk pertemuan keluarga yang tentunya berbeda dengan klab klab malam pada umumnya.
Hiburan sering memberikan kesenangan, kenikmatan, dan tawa. Pada waktu atau konteks tertentu, ada juga tujuan tambahan yang serius. Misalnya, berbagai bentuk perayaan, festival religius, atau satire.

Jadi Interactive Entertainment adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain yang dapat berbentuk kata – kata, tempat ,benda, perilaku yang dapat menghibur hati yang susah atau sedih
Konsep Interactive Entertainment memiliki Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dan dapat menghibur hati yang sedah susah atau sedih.

Interactive Programs adalah Pemrograman interaktif adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan digunakan sesudahnya (biasanya dengan apa yang disebut "user", dalam perbedaan dengan "pengembang" ). Akibatnya, di sini, aktivitas menulis sebuah program menjadi bagian dari program itu sendiri.
Dengan demikian bentuk contoh spesifik komputasi interaktif sebagai kebalikan ekstrim untuk batch processing, dimana tidak menulis program atau penggunaannya terjadi dengan cara yang interaktif. Prinsip umpan balik yang cepat dalam Extreme Programming yang radikal dan menjadi lebih eksplisit.
Sinonim: coding hidup, on-the-fly-pemrograman, hanya dalam waktu pemrograman, pemrograman percakapan

2.   Peran user dan program agar terbentuk komunikasi ynag mudah dipahami user yaitu membuat program yang dapat dipakai oleh user userfriendly jadi semua user dapar menggunakan program tersebut.


3.         Apa fungsi dari GUI? 
fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam.Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
1.    Pointing device dengan perangkat berupa mouse
2.    Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
3.    Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
4.    Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
5.    Pembuatan website
6.    Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
4.        Sebutkan, jelaskan dan berikan gambar dari komponen-komponen GUI!
          GUI memiliki banyak komponen seperti: buttonradio buttoncheck button, combo box, menutabbed paneltree, dan sebagainya. Komponen-komponen ini sering disebut juga sebagai widget#. Sekarang mari kita lihat komponen-komponen tersebut berikut fungsinya :


No
Nama widget
Tampilan
Fungsi
1Button.com/Menjalankan suatu aksi. Karena itu teks pada button biasanya berisi kata perintah (kata kerja) seperti “Enter”, “Exit”, “Reset”, dsb
2Radio Button.com/*Memilih hanya satu pilihan diantara 2 atau lebih pilihan.
Jumlah pilihan pada radio button umumnya 3 atau 4 pilihan saja. Jika jumlah pilihan lebih dari 4 maka combo box merupakan widget yang lebih tepat digunakan.
3Check Button.com/*Memilih satu atau lebih diantara  banyak pilihan (terdiri dari 2 atau lebih pilihan). 
Pemanfaatan check button memungkinkan untuk memilih semua pilihan.
4Combo Box.com/*Memilih salah satu diantara beberapa pilihan di mana jumlah pilihan cukup banyak sehingga tidak efisien bila diberikan dalam bentuk radio button.
5Menu.com/Isi dari suatu aplikasi bisa ditampilkan dengan bantuan ikon, namun adakalanya isi terlalu banyak sehingga lebih efisien bila ditampilkan dengan bantuan menu. Umumnya letak menu ada pada bagian kiri atas dari suatu tampilan.
6Toolbar.com/ 
Toolbar sebenarnya berfungsi sebagai pelengkap dari menu. Isi dari suatu menu mungkin saja banyak akan tetapi tidak semuanya diperlukan setiap saat oleh pengguna. Untuk memudahkan pengguna mengakses menu-menu yang sering digunakan maka disediakan suatu toolbar yang umumnya memiliki suatu simbol yang melambangkan fungsi dari menu yang diwakilinya. Simbol ini sering kali disebut sebagai metafor.
7Tabbed Panel.com/*Adakalanya suatu menu memiliki sub-submenu yang saling berkaitan. Salah satu cara yang baik untuk menampilkan sub-submenu tersebut adalah dengan bantuan suatu tabbed panel. Disebut tabbed panel karena untuk mengaksesnya dapat digunakan tombol TAB
8Tree.com/*Mungkin saja isi suatu aplikasi sangat banyak sehingga tak dapat ditampilkan oleh  menu dengan efisien. Cara menampilkan isi semacam ini adalah dengan bantuan tree. Ensiklopedia adalah salah satu program yang banyak memanfaatkan tree.
  
5.        Event merupakan suatu kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi disebut dengan
      event. Tanpa adanya event, GUI tidak dapat berjalan.  Sebutkan macam-macam event untuk komponen" GUI (minimal 5)
           Terdapat beberapa macam event pada GUI
           (Graphical User Interface), antara lain :
·      Event Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.
·      Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler. 
·      Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
·      Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut.Direpresentasikan oleh class Event.
·      Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.

6.     Jelaskan mengenai evet dari standard programming dengan interactive programming.
        mengenai evet dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan  dimana
        pada interactive programming,dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma,program          
        dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program, berbeda dengan 
        standard programming.
  


TABEL KINERJA
NPM
NAMA
Kinerja
50410908
Annisa Anggi Ismandia
Mengerjakan Tugas Nomer 5 dan 6, tentang Event untuk komponen GUI dan dalam konsep Struktur Interactive Program.
52410096
Dirgan Traviata Masjaya
Mengerjakan Tugas Nomer 3 dan 4 , tentang interactive system dan komponen-komponen pada GUI.
54410833
Muhammad Triwindu P
Mengerjakan Tugas Nomer 1 dan 2, tentang Interactive Entertainment dan Interactive Programs.


our Friendship \(^.^)/

our Friendship \(^.^)/

About

mouse

Blogger templates

ANNISA ANGGI ISMANDIA, I'AM STUDENT AT GUNADARMA UNIVERSITY FACULTY OF TEHNICS