Kamis, 17 Januari 2013

TANGGAPAN TERHADAP MATA KULIAH SOFTSKILL DESAIN PEMODELAN GRAFIK

Desain Pemodelan grafik/desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Menurut saya pelajaran softskill sangat penting untuk kita, dan bisa menambah pengetahuan kita. Saran untuk pelajaran ini semoga waktu mengerjakkanya di perpanjang hehe .

RANGKUMAN TUGAS



Kali ini saya akan merangkum dari tugas 1, tugas 2, sampai tugas 3 untuk melengkapi tugas softskill yang diberikan. Dimulai dari tugas yang pertama. 


TUGAS bulan Oktober

Tugas bulan pertama berisi tentang pentingnya simulasi bagi seorang IT dan adanya  Simulasi yang menyebabkan kecelakaan. Menurut saya seorang IT tidak harus melakukan simulasi dalam setiap software atau aplikasi yang dibuat . Simulasi modeling dilakukan ketika kita mengetahui bahwa proses atau efek nya dapat membuat kerugian atau membahayakan nyawa orang lain. Ketika kita membuat aplikasi ringan dan mudah kita tidak perlu melakukan simulasi karena kita akan tau tentang efek yang terjadi ketika kita menjalankannya.  Dalam melakukan simulasi adakala nya simulasi yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar, oleh sebab itu disini saya akan membahas tentang kecelakaan simulasi. Disini saya mengambil contoh kecelakaan simulasi kapal selam di situbondo yang menyebabkan tewasnya dua prajurit. 

Dalam melakukan simulasi kita harus tau beberapa karakteristik dari simulasi sendiri agar simulasi dapat dikatakan sebagai alat perencanaan dan pengambilan keputusan yang tangguh. Berikut ini merupakan beberapa karakteristik dari simulasi:

·        Mencakup saling ketergantungan sistem (system interdependencies)
·        Memperhitungkan variabilitas atau suatu ukuran yang mengukur sebaran data dalam sistem simulasi
·        Sanggup membuat model untuk sistem apapun
·        Memperlihatkan perilaku sistem setiap saat
·        Lebih murah, tidak menghabiskan waktu dan tidak mengganggu sistem nyata
·        Menarik perhatian (secara visual)
·        Menyediakan hasil yang mudah dimengerti dan dikomunikasikan
·        Mencakup waktu yang nyata, dimampatkan, atau bahkan waktu yang tertunda
·        Memberikan rancangan yang rinci.

TUGAS bulan November
             Pada bulan ini kita membahas tentang pengaruh kebudayaan terhadap grafik, yaitu Budaya atau kebudayaan itu artinya hal-hak yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Biasanya kebudayaan juga menjadi salah satu adat atau ciri khas dari suatu hal. Kebudayaan sendiri sangat erat hubungannya dengan masyarakat. perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.Sedangkan grafik sendiri berartikan persembahan visual yang ditunjukkan pada permukaan seperti dinding, kanvas, skrin komputer, kertas, papan untuk tujuan tertentu, pemberitahuan, ilustrasi atau hiburan. Kesimpulan yang saya ambil disini adalah berkembangnya grafik dapat terpengaruh oleh kebudayaan. Namun sebaliknya, kebudayaan pun dapat berkembang sesuai grafik nya. Makin maju nya teknologi yang ada maka, semakin saling terpengaruh.  
           Selanjutnya membahas tentang perkembangan model simulasi, yaitu Terdapat masalah-masalah klasik yang ada diwilayah ini antara lain keterbatasan kualitas SDM, Sumberdaya keuangan, terbatasnya infra struktur/sarana dan prasarana, ketertinggalan teknologi. Keinginan kuat Pemda Konawea Selatan Dinas Kelautan untuk meningkatkan ketertinggalan tersebut dilakukan dengan pembuataan Model Pengembangan Industri Kelautan di Kabupaten Konawea Selatan. Model tersebut dibuat dengan menggunakan pendekatan Sistem Dinamik,dimulai dari pembuatan model mental yang merupakan Maping dari sistem nyata industri kelautan yang kemudian dipecah menjadi 4 sub sistem model sdm, sub sistem model penangkapan ikan, sub sistem model pasar dan sub sistem model konsumsi. Dari model mental yang disebut CLD kemudian dilanjutkan mmbuat model komputer dan melakukan validasi dengan uji konsistensi. 
         Dan tugas yang terakhir membahas visual teknologi menggunakan media online,  Dalam visual teknologi menggunakan media online terdapat beberapa kelebihan & kekurangan :
Kelebihan :
  • Dapat secara mudah melakukan pencarian karena terhubung langsung dengan internet yang akan     memberikan info sebanyak banyaknya
  • Tidak harus menggunakan software tertentu dalam melakukan visual teknologi nya, cukup terhubung dengan internet
  •  Biaya yang digunakan akan terasa lebih ringan karena tidak membutuhkan budget khusus
kekurangan nya:
  • Diharuskan terhubung dengan koneksi internet, jika tidak ada koneksi maka tidak akan bisa kita melakukan visual teknologi secara mudah
  • Memerlukan waktu untuk mengumpulkan semua data data, misal : buffering atau streaming video
TUGAS bulan Desember 
         Pada tugas ini kita diminta untuk membedakan antara HTML 4 dan HTML 5.
HTML 5 memperkenalkan elemen baru ke HTML untuk pertama kalinya sejak tahun 1990-an. Unsur struktural baru termasuk aside, figure, dan section. Elemen inline baru seperti waktu, meter, dan progress.Termasuk Elemen Embedding baru seperti video dan audio. Elemen interaktif baru mencakup details, datagrid, dan command.
HTML 5 mendefinisikan kelima revisi besar bahasa inti dari World Wide Web – HTML – dari W3C (World Wide Web Consortium). Juga disebut Aplikasi Web 1.0 – masih ada tidak ada ruang nama atau skema. Unsur tidak harus ditutup
Selanjutnya tentang fitur fitur HTML 4 dan HTML 5. 

Dalam HTML5 banyak kelebihan nya dibanding dengan versi HTML yang sebelum nya. Terdapat juga fitur fitus canggih pada HTML5.
Dengan HTML5, pengembangan aplikasi web adalah lebih mudah dibandingkan sebelumnya.
·         Penyimpanan data Lokal
·         File akses lokal
·         Lokal SQL database
·         Cache aplikasi
·          Javascript karyawan
Fitur fitur terbaru dalam HTML5 adalah :
·         Elemen <canvas> untuk lukisan 
·         Unsur-unsur yang <video> dan <audio> untuk media pemutaran
·         Dukungan untuk penyimpanan lokal
·         Terdapat konten baru yang khusus elemen, seperti <article>, <footer>, <header>, <nav>, <section> 
·         Banyak bentuk kontrol terbaru, seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, search .

sekian Rangkuman dari Tugas Softskill yang sudah saya kerjakan. semoga bermanfaat :)




our Friendship \(^.^)/

our Friendship \(^.^)/

About

mouse

Blogger templates

ANNISA ANGGI ISMANDIA, I'AM STUDENT AT GUNADARMA UNIVERSITY FACULTY OF TEHNICS