Sabtu, 22 Oktober 2011

New Media

  1.   BlackBerry Messenger

Blackberry Messenger adalah program pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam.
Fitur Fitur yang terdapat pada Blackberry :
a.     Berbagi pengalaman, saat pengguna BlackBerry menemukan aplikasi yang menarik, mereka dapat langsung memberitahukannya kepada teman. Mereka bisa memilih kepada siapa informasi tsb akan dibagi langsung dari aplikasi tsb.
b.    Ruang chat BBM di aplikasi, Pengguna dapat menarik semua kontak di BBM ke dalam aplikasi dan memulai perbincangan.
c.     Mendapatkan informasi aplikasi dari teman, Pengguna dapat menemukan aplikasi apa saja yang mendukung dari daftar yang dipakai teman dalam profil BBM nya kemudian klik untuk mengunduhnya. Hal ini mempermudah kolaborasi dengan teman.

Kelebihan Blackberry
BBM 6 telah menjalin kerja sama dengan para pengembang untuk menyediakan fasilitas "BBM connected". Lewat fasilitas ini pengguna aplikasi tertentu bisa dengan mudah saling terhubung dengan orang lain via BBM. Misalnya sebuah game yang telah mendukung BBM Connected, dapat mengundang teman di BBM untuk bermain game bersama. Mereka juga bisa melakukan chatting langsung di dalam game tersebut. 

Beberapa aplikasi yang sudah mendukung BBM 6 antara lain Foursquare, Huffington Post, Wikitude, Telemap, PowPow. Dari Indonesia, aplikasi lokal juga tak ketinggalan seperti Bouncity, Koprol, serta Menoo, Gamemachi, dan MiMoMachi dari Elasitas.
             
         2.    Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Fitur
Twitter mempunyai tampilan timeline yang lebih bersih dan kaya akan detail, seperti misalnya, ketika Anda melakukan scroll ke bawah, kini Anda tidak lagi harus melakukan klik ‘more’ untuk melihat tweet tambahan seperti di Twitter websebelumnya. Lalu kini Anda bisa melihat video dan gambar secara inline di timeline, artinya Anda tidak perlu lagi membuka tab baru untuk melihat gambar atau video yang ada pada suatu tweet, fasilitas ini biasanya dimiliki oleh aplikasi yang dikembangkan pihak lain, misalnya Seesmic, yang bisa menampilkan gambar secara langsung dari suatu tweet. Beberapa fitur lain yaitu tampilan detail informasi yang berhubungan dengan konten dari suatu tweet, serta Mini Profile yang memungkinkan pengguna untuk informasi akun seperti keterangan singkat data pengguna serta tweet yang mereka buat tanpa keluar dari halaman yang sedang dibuka.
Kelebihan
a.     Sederhana
     Tweet yang hanya memuat 140 karakter memudahkan anda untuk mengirimnya melalui email atau
     SMS.
b.    Fleksibel
     Kita bisa menulis tweet melalui banyak program dan perangkat. Misalnya, tweetdeck, twhilr dan lain
     lain.
c.     Hot News
     Tweet kita langsung diumumkan keseluruh pemakai twitter. Ini yang membatasi hanya pada mereka
     yang sudah berteman di facebook
Kekurangan twitter dibanding jejaring social adalah kurang nya bisa mengupload foto dan menjadikannya
berbeda album.

     3 . Blog (Blogger)
    Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua penggunaInternet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Fitur fitur :
  • Daftar Blog.
  • Tampilan Slide.
  • Link Berlangganan.
  • Polling.
  • Daftar.
  • Daftar Link.
  • Gambar.
  • Teks.
  • HTML/JavaScript.
  • Feed.
  • Label.
  • Newsreel.
  • Baris Video.
  • Logo.
  • profil.
  • Arsip Blog.
  • Header Halaman
Kelebihan
1. Terintegrasi dengan Google Account. Jika anda memiliki account di gmail atau Google reader, otomatis anda sudah memiliki account blogger.com
2. Proses Sign Up yang mudah.
3. Bisa memasang script AdSense (dan script iklan yang lain)
4. Panel Kontrol yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
5. Tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia.
6. File CSSnya dapat diedit.
7. Navigasi admin sederhana, dan mudah dimengerti : posting, Pengaturan, Tata Letak
8. Ada widget untuk polling
9. Bisa memiliki banyak blog dalam satu account
10. Dapat mengembedd code javascript dan flash ke dalam blog
11. Platform free blogging yang “paling bisa” di customize
12. Anda bisa menggunakan alamat domain anda sendiri (custom domain blogger)
13. Term of Servicenya mengizinkan pengguna untuk menggunakan blognya sebagai sarana make money. Anda diizinkan menampilkan iklan di blogger.com
1. Tampilan dashboard terlalu sederhana. 
2. Pilihan template bawaan terlalu sedikit, sehingga banyak blog dengan tampilan sejenis. Meskipun begitu, anda bisa mencari beragam template yang tersebar di internet dan menggunakannya.
3. Tidak ada tracker stat bawaan. Anda perlu menginstall tracker statistic seperti Google Analytics terlebih dahulu.
4. Tidak bisa membuat “halaman page” seperti yang dapat dilakukan wordpress.
5. Tidak bisa membuat sub-category untuk post
6. Jatah menyimpan gambarnya hanya 300 MB 
      4. eBuddy 
   Ebuddy adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan melalui jaringan internet berbasiskan web dan telepon selular. eBuddy mendukung beragam layanan pengiriman pesan instan, dianataranyaYahoo! MessengerGoogle TalkWindows Live MessengerAIMICQFacebook, dan Myspace IM. Saat ini eBuddy menggunakan teknologi patent-pending bulanan yang memungkinkan jutaan pelanggan untuk chatting gratis dengan berbagai pesan instan di salah satu kumpulan interface jaringan dan protokol pesan instan. Pada aplikasi yang berbasiskan web, eBuddy dapat digunakan tanpa harus mengunduh atau menginstal aplikasi apapun di komputer.  Fitur-fiturnya :
  • Mengunduh dengan cepat
  • Kecanggihan interface
  • Mendukung berbagai layanan pengiriman pesan instan
  • Menambah dan mengatur daftar teman
  • Melihat profil teman
  • Tidak ada duplikat nama teman
  • Hemat penggunaan data
  • Hemat daya
  • Mengirim / menerima pesan offline
  • Mengunggah gambar sebagai avatar
  • Mengirim gambar dalam sebuah chatting
  • Suara dan getar
  • Menyimpan pesan yang baru berlalu pada bagian atas
  • Pengetikan pesan langsung pada jendela chatting

Kelebihan
Dengan tampilan warna hijau langit tampilannya lebih easy di mata dibanding dengan aplikasi lain semisal Nimbuz yang mencolok mata dengan warna dominan oranye. Selain multi network ebuddy juga multi user. Maksudnya, eBuddy bisa connect dengan multiple accaount. Yahoo, google, Aim, Facebook, dan MSN. Tidak hanya itu, eBuddy juga bisa digunakan 2 atau lebih macam account. Artinya kita bisa log langsung ke semua account secara bersamaan. Aku sendiri punya 1 account Google dan 2 account Yahoo semua bisa online dalan sekali login. Seru khan….
Untuk membuat account eBuddy kita juga tidak perlu memasukkan nomor ponsel sehingga ketika aplikasi sudah terinstall di ponsel kita bisa gota-ganti kartu tanpa register lagi. Beda dengan Trutap dan beberapa aplikasi chatting lain.
Agar tampilan lebih keren kita juga bisa mengeset avatar dengan kameraphone layaknya Yahoo Messenger.
Kekurangan
Kalao di aplikasi lain misalkan Nimbuz dan Bing kita bisa chatting dengan masuk ke room-room yang dibuat oleh para chatter, di eBuddy kita tidak akan memperolehnya. Aplikasi ini murni connect denagan Yahoo, Google dan beberapa yang sudah tak sebutkan diatas.
      5. Tumblr
Tumblr adalah sebuah layanan tumblelog gratis yang mengizinkan penggunanya untuk memposting tidak hanya tulisan, tetapi juga mengizinkan penggunanya untuk memposting foto, quote, video, chat, audio, dan link. Fitur tumblr yang memperbolehkan para pengguna untuk memposting foto biasa digunakan oleh para pengguna tumblr untuk membuat sebuah photoblog. Terdapat fitur khusus yang ada pada situs tumblr yaitu, pengguna tumblr dapat membuat blog yang bersifat pribadi. Postingan tersebut hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri atau pengguna lain yang ditunjuk atau dipilih oleh pengguna yang memiliki account tersebut untuk dapat melihat blog pribadi ini. Pengguna dapat melihat kiriman tulisan, foto, quote, video, chat, audio, dan link melalui situs tumblr.com . 
Kelebihan 
Perbandingan Tumblr terletak pada kesederhanaannya. Pengguna dapat memposting melalui panel control yang memiliki tombol untuk berbagai jenis posting (teks, video, audio, foto, link, quote dan chat), tetapi juga dapat memposting dari sebuah bookmarklet di dalam browser pengguna, instant messengertelepon selular atau desktop widget. Secara keseluruhan, tumblr memeliki kemudahan yang sama dengan blog-blog online lainnya, dalam hal sign up dan posting. Namun, Tumblr memiliki menu pilihan dalam memposting seperti, text, foto, video, quotes, link, chat dan audio. Pengguna juga dapat melakukan re-blog yang artinya mendiskusikan postingan dari blog orang lain. Selain itu kita dapat melakukan updates status pada situs jejaring sosial melalui tumblr, Tumblr juga dapat mengelompokkan foto yang pengguna posting ke dalam tumblr.
Cara memposting cukup mudah. Setiap kali pengguna melihat sesuatu yang menarik secara online, pengguna dapat mengklik dengan cepat “Share on Tumblr”. Hasil yang di dapatkan pengguna setelah mengklik “share on tumblr” ialah rentetan bervariasi tentang media link serta text yang menunjukkan gambar atau video yang telah pengguna posting ke dalam tumblr. Kemudian yang berikutnya pengguna tumblr dapat membuat satu tumblr atau membuat satu untuk setiap subyek agar dapat lebih banyak berbagi dengan pengguna lain. Berikutnya ialah dengan direktori berdasarkan tag dan wilayah geografis, para pengguna tumblr dapat menjelajahi account tumblr milik pengguna lain yang berbeda daerah asal bahkan berbeda negara sekalipun melalui Tumblr negara asal yang pengguna miliki.
Kekurangan
Jika Pengguna menulis pada bagian artikel atau tulisan dan kemudian pengguna ingin menyisipkan foto ke dalam artikel atau tulisan tersebut maka, pengguna harus melakukan salin-tempel URL dari foto yang ingin dimasukkan ke dalam artikel atau tulisan, dan juga ikut disertai dengan dimensi dari foto yang akan dimasukkan ke dalam sebuah artikel atau tulisan. Cara ini membuat pengguna menjadi sedikit kerepotan. Foto yang telah di posting ke dalam tumblr juga tidak dapat diberi komentar oleh pengguna dan para pengguna tumblr lainnya. Kemudian para pengguna tumblr hanya dapat memposting satu kalimat singkat saja. Hal itu membuat pengguna tidak dapat menuliskan secara lebih isi dari tulisan pengguna. Kemudian tidak adanya pengorganisasian link untuk link yang telah pengguna posting, seperti link tentang wordpress atau blogspot, Pengorganisasian link harus dilakukan secara manual dan tidak ada pages khusus untuk mengorganisasi link yang telah diposting ke dalam tumblr untuk di diskusikan.

our Friendship \(^.^)/

our Friendship \(^.^)/

About

mouse

Blogger templates

ANNISA ANGGI ISMANDIA, I'AM STUDENT AT GUNADARMA UNIVERSITY FACULTY OF TEHNICS